Kamis, 02 November 2017

Artikel Sosio Teknologi dengan adanya Facebook



Sosio-teknologi adalah bidang kajian baru yang berusaha melihat pengaruh evolusi teknologi dalam kehidupan sosil. Pengertian dari sosioteknologi informasi itu sendiri, yaitu berupa relasi atau hubungan antara kehidupan sosial dengan teknologi dapat diketahui penerapan penerapan teknologi pada kehidupan yang sebenarnya.
Menurut Filino Harapan (Manungwijaya, 1983) teknologi meruapakn penerapan secara sistematis dari pengetahuan-pengetahuan ilmiah untuk keperluan-keperluan praktis. Pengetahuan-pengetahuan tersebut terakumulasi dalam kemampuan teknik dan intelektual yang diaplikasikan secara praktis dalam menciptakan produk(barang dan jasa) untuk keperluan umat manusia.
Secara umum, definisi sosioteknologi adalah sebuah epistemology pengembangan sains dan teknologi dengan sudut pandang aspek kemasyarakatan dan kemanusian.
Pada kesempatan ini, blog saya akan menuliskan contoh dari penerapan Sosio teknologi pada Perkembangan Facebook yang memberikan dampak kehidupan sosial yang mudah di dapatkan untuk bersosialisasi dengan dunia maya.

Sejarah Facebook

Sejarah Facebook berawal dari pencetus yang bernama Mark Zuckerberg menciptakan sebuah situs bernama Facemash pada tanggal 28 Oktober 2003, saat itu ia termasuk salah satu mahasiswa di Harvard. Pada February 2004 Mark Zuckerberg pun meluncurkan situs baru bernama thefacebook.com. Situs ini merupakan hasil penyempurnaannya dari situs Facemash, dan saat pertama kali diluncurkan situs bernama”the Facebook” ini pun penggunaannya hanya tebatas di kalangan kampus Harvard saja. Namun, dalam sejarah Facebook, situs the facebook dalam satu bulan sudah mencakup lebih dari setengah jumlah mahasiswa Harvard di saat itu. Sejumlah rekan dari Mark Zuckerberg mulai bergabung untuk memperkuat situs the facebook, mereka adalah Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, Andrew McCollum dan Chris Hughes. Pada tahun yang bersamaan situs the facebook mulai merambah ke kampus lainnya seperti Stanford, Columbia, Yale dan juga Ivy League. Tidak lama kemudian situs ini pun mulai tersebar hampir semua kampusdi amerika serikat dan juga kanada.Dalam sejarah facebook, di bulan juni 2004 Mark Zuckerberg dan juga rekan-rekannya memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California. Disana mereka juga di bantu oleh Adam D’Angelo dan juga Sean Parker. Facebook mendapatkan investasi dari Pieter Thiel, salah seorang pendiri PayPal pada tahun 2004.

Pada tanggal 23 agustus 2005 the facebook pun mengganti nama domainnya sendiri menjadi Facebook.com, dan beli dari Aboutface.com dengan harga US$ 200.000. Di tahun 2005 Facebook mulai memperluas jangkaunnya ke kalangan pelajar sekolah menengah atas, dan hanya membutuhkan waktu 15 hari, sebagian besar sekolah di Amerika Serikat telah menjadi anggota dari facebook.

Pada Tahun 2006, Mark mulai mengizinkan para mahasiswa yang menjadi anggota Facebook untuk menambahkan siswa dan siswi sekolah menengah atas sebagai temannya. Dan dalam sejarah Facebook, di bulan April 2006, Investor pertama dari situs ini yaitu Peter Thiel, Greylock Partners dan Meritech Capital Patrners menambahkan investasi di Facebook dengan memberikan dana US$ 25 Juta.
Mark Zuckerberg mulai membuka Facebook untuk semua pengguna layanan internet pada tahun 2016. Tapi, langkah tersebut menuai protes dari para pengguna dan para pelanggan setianya. Dua Minggu kemudian Facebook terpaksa membenahi layanan baru tersebut, dan membuka pendaftaran bagi pengguna internet yang memiliki alamat surat atau email yang jelas.

Sejarah Facebook berlanjut, Peter Thiel memprediksi pendapatan Facebook di tahun 2015 dapat mencapai US$ 1 Milyar, dan pada saat itu nilai perusahaan pun akan ikut naik menjadi sekitar US$ 8 Milyar. Pada Tanggal 14 Mei 2017, Facebook mulai memperkenalkan fitur baru yang bernama “Marketplace” atau layanan iklan baris gratis. Fitur baru ini pun mulai menjadi pesaing-pesaing perusahaan online lainnya, seperti Craiglist yang terlebih dulu menggunakan layanan tersebut.

Bisnis Mark Zukerberg pun semakin lancer, dan perusahaan Apple pun mulai memperpanjang kerjasama dengan Facebook untuk memajang contoh music iTunes pada Facebook.

Tepat pada bulan juli 2007 facebook pun membeli perusahaan Parakey Inc dari Blake Ross dan juga Joe Hewitt. Parakey sendiri adalah produsen aplikasi computer yang mempermudah transfer data berupa tulisan, gmbar dan juga video ke dalam sebuah situs di internet. Bill Gates yang merupakan pendiri Microsoft membeli saham 1,6% dari Facebook senilai US$ 240 Juta pada bulan oktober 2007, pembelian oleh Bill Gates ini pun meliputi hak mereka untuk menempatkan ikaln internasional dalam Facebook. Pada tanggal 7 November 2007, Facebook juga meluncurkan layanan terbarunya yang berupa pemasangan iklan dengan system yang di sebut dengan Facebook Beacon.

Sejarah Facebook berlanjut pada tahun 2011, di tahun ini dilaporkan bahwa Facebook menghapus sekitar 20.000 profil setiap harinya atas berbagai macam alas an, termasuk spam, konten tidak pantas dan juga penggunaan di bawah umur. Dan itu semua merupakan bagian dari upayanya untuk mendorong keamanan cyber.

Dan saat ini Facebook telah memiliki lebih dari 1.700 karyawan dan kantor di 12 negara. Dan Mark Zuckerberg pun memiliki 24% saham perusahaan, dan sisanya dimiliki oleh perusahaan lain serta beberapa karyawan dan rekannya.

Sejarah Facebook berlanjut sampai sekarang sudah memiliki pengguna Facebook sudah lebih dari 150 Juta pendaftar, jumlah foto yang di upload pun kira-kira mencapai 800 juta lebih perbulan, dan fakta-fakta menarik lainnya.
Setelah mengulik tentang sejarah Facebook bisa dapat di paparkan pula manfaat dan alasan penggunaan Facebook  yang menjadi pilihan bersosialisasi di zaman sekarang.

Alasan Penggunaan Facebook

Ada banyak sekali alasan yang menyebabkan banyak orang menggunakan facebook sebagai salah satu pilihan media dan juga jejaring social. Berikut ini adalah beberapa alas an memilih facebook yang banyak di gunakan orang:
1.      User Friendly, mudah dalam penggunaannya.
2.      Memiliki banyak fitur seperti chat, games, portal berita, dan lainnya.
3.      Pendaftaraan gratis.
4.      Mudah dalam melakukan proses upload dan juga share foto.
5.      Memiliki fitur group dan juga komunitas, serta mendukung fan page.
Selain alasan-alasan di atas, banyak orang juga menganggap bahwa facebook memiliki banyak sekali manfaat, sehingga banyak orang menggunakan facebook sebagai media social mereka.
Ada banyak sekali manfaat yang bias di peroleh user dengan menggunakan facebook. Karena itu kami membagi beberapa manfaat dari facebook menjadi beberapa bagian, yaitu manfaat facebook secara social, manfaat secara ekonomi dan bisnis, serta manfaat secara personal bagi para usernya.

Manfaat dengan adanya Facebook
1.      Menambah Teman
Sesuai dengan namanya, yaitu social networking, tujuan utama dan juga manfaat yang bias di peroleh user dengan menggunakan facebook adalah tentu saja menambah relasi dan juga pertemanan. Dengan menggunakan facebook, setiap user bias memperoleh teman-teman baru, yang pastinya akan dapat membantu menambah relasi mereka.
Hati-hati dalam menambah teman
Meskipun bias menambah relasi dan juga pertemanan, namun demikian, anda sebagai user juga harus cerdas dalam memilih teman baru. Selalu teliti terlebih dahulu profil lengkap teman baru anda, agar tidak membawa pengaruh buruk bagi diri anda.

2.      Berkomunikasi dengan banyak orang dari berbagai tempat
3.      Mempererat hubungan kekeluargaan para user
4.      Dapat mencari teman lama
5.      Mempermudah Komunikasi
6.      Membantu Mendapatkan Jodoh
7.      Melakukan sharing file dan foto
8.      Membantu orang lain
9.      Lebih mengenal tokoh idola

 Sisi Negatif Facebook

1.      Konten pornografi dan juga SARA
2.      Menimbulkan perpecahan antar kelompok
3.      Penculikan, Penipuan dan juga kegiatan kejahatan dan criminal lainnya.
4.      Bullying.
5.      Pelecahan terhadap komunitas tertentu.
6.      Adiksi dan pengabaian terhadap dunia nyata.

Banyak sekali kasus-kasus diatas yang terjadi akibat penggunaan facebook. Maka dari itu, kita harus menjadi user yang bijak dalam memilih konten dan user lain yang kita temui di dalam facebook, jangan langsung percaya dan juga terpengaruh akan sebuah konten. Selalu waspada akan semua pengaruh buruk yang mungkin bias terjadi dan kita temui di dalam facebook.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar